DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP ACHIEVEMENT GOAL PADA SISWA SMA DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ARBAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-16


ABSTRAK

 

PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP ACHIEVEMENT GOAL PADA SISWA SMA DI KABUPATEN BANJAR

Arbainah

Pendidikan menjadi suatu pembelajaran yang terpenting pada pengembangan kemampuan serta keahlian yang dapat diterapkan di dunia kompetitif. Peserta didik memiliki kapasitas diri yang beragam, hal ini dapat membuat siswa memiliki persepsi, gaya pembelajaran, dan capaian belajar yang tidak sama, maka perlu adanya rencana khusus yang maksimal untuk menyelesaikannya agar proses pendidikan bisa berlangsung dengan efesien dan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Dari hasil data dan studi pendahuluan maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap achievement goal pada siswa SMA di Kab Banjar. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa SMA di Kab Banjar dengan sample berjumlah 126 orang yang terdiri dari 37 laki-laki dan 89 perempuan. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan regresi linear sederhana, yang menggunakan alat ukur SRL dan The achievement goal questionner. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh self regulated learning terhadap achievement goal yang artinya Ha di terima. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai sebesar 25,7% pengaruh self regulated learning terhadap achievement goal pada siswa SMA di Kab Banjar, sedangkan 74,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut serta diteliti pada penelitian ini.

 

Kata Kunci: Self regulated learning, achievement goal, siswa SMA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI