DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Ketidakadilan Gender Novel “Raumanen” Karya Marianne Katoppo: Kajian Feminisme
PENGARANG:SALASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-17


 

Alasan yang melatarbelakangi pentingnya penelitian ini dilaksanakan, yaitu untuk menggambarkan ketidakadilan gender yang terdapat pada novel Raumanen karya Marianne Katoppo yang memiliki keunikan tersendiri dalam isi novel tersebut, bentrokan budaya yang terdapat dalam novel ini, suku dan adat istiadat yang masih mengikuti adat-adat pada zaman dahulu seperti pada sebuah pernikahan seorang laki-laki Batak harus menikah dengan sesama suku Batak juga.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ketidakadilan gender dalam novel Raumanen karya Marianne Katoppo.   

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian dekriptif. Analisis data meliputi: mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan penyimpulan. Sumber datanya berupa dari hasil membaca novel Raumanen karya Marianne Katoppo. Penelitian ini membahas mengenai ketidakadilan gender pada novel Raumanen karya Marianne Katoppo. 

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat gambaran ketidakadilan gender meliputi ketidakadilan gender subordinasi perempuan, stereotipe perempuan, dan  kekerasan terhadap perempuan yang terdapat pada novel Raumanen.

Beberapa saran dalam penelitian ini sebagai berikut. pertama, diharapkan penelitian ketidakadilan gender terhadap novel Raumanen karya Marianne katoppo ini dapat dijadikan referensi sebagai bahan pembelajaran di sekolah. Kedua, novel-novel karya Marianne katoppo hendaknya menjadi salah satu buku yang ada di perpustakaan sekolah, karena buku kaya akan nilai-nilai kehidupan yang penting untuk dipahami, baik oleh guru maupun peserta didik.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI