DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN CONNECTEDNESS TO NATURE TERHADAP MINDFULNESS PADA MAHASISWA DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:HANIFA AISHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-17


ABSTRAK

 

PERANAN CONNECTEDNESS TO NATURE TERHADAP MINDFULNESS PADA MAHASISWA DI KALIMANTAN SELATAN

 

 

 

Hanifa Aisha

 

 

 

Mahasiswa dianggap sebagai kaum intektual dan diharapkan secara sadar memiliki tujuan yang ingin dicapai terutama kewajibannya sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Salah satunya dengan meningkatkan serta mempertahankan sikap connectedness to nature yang diprediksi dapat berperan pada mindfulness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peranan connectedness to nature terhadap mindfulness pada mahasiswa di Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain cross-sectionalTeknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu incidental sampling dengan karakteristik mahasiswa(i) aktif yang berdomisili dan menempuh pendidikan tingkat perguruan tinggi di Kalimantan Selatan sebanyak 250 orang. Data penelitian connectedness to nature diukur menggunakan skala Connectedness to Nature Scale (CNS) dan mindfulness diukur menggunakan skala Mindfull Attention Awareness Scale (MAAS). Hasil analisis data menunjukkan terdapat peranan connectedness to nature terhadap mindfulness pada mahasiswa di Kalimantan Selatan sebesar 4,2%, hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima yang artinya terdapat peranan connectedness to nature terhadap mindfulness pada mahasiswa di Kalimantan Selatan. Adanya sikap connectedness to nature yang dimiliki mahasiswa dapat menjadi salah satu faktor yang dapat berperan bagi mindfulness guna mencapai tujuannya saat ini

 

 

Kata kunci: MindfulnessConnectedness to nature, Mahasiswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI