DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF ANALISIS KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:HARUM PUSPAHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


ABSTRAK

Harum Puspahayati. 2023. Studi Deskriptif Analisis Kecemasan Akademik Siswa
Kelas VIII Di SMPN 10 Banjarmasin. Pembimbing (I) Akhmad Sugianto, S.Pd., M.Pd (II) Hendro Yulius Suryo Putro, S.Pd., M.Psi.

Kata Kunci : Kecemasan Akademik, Siswa

Keadaan psikologis individu yang tidak stabil atau dilanda kecemasaan ketika pro ses belajar dapat berdampak pada kegagalan pencapaian tujuan belajar, yang biasa disebut kecemasan akademik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis tingkat kecemasan akademik dan mendeskripsikan aspek-aspek kecemasan akademik pada siswa kelas VIII di SMPN 10 Banjarmasin.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Banjarmasin berjumlah 204 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kecemasan akademik dengan Skala Likert yang berjumlah 36 item valid. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data dengan statistik deskriptif.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Kecemasan Akademik pada siswa kelas VIII SMPN 10 Banjarmasin tergolong pada kategori sedang pada setiap aspeknya.

Kecemasan Akademik tersebut bisa saja mengalami kecemasan akademik tergantung dari keadaan atau lingkungan yang mempengaruhi pada saat itu. Untuk siswa dapat berupaya mengurangi kecemasan akademik untuk lebih fokus belajar di sekolah maupun dirumah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI