DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO ASSET RATIO (DAR) DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TATO) TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN SUB SEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021
PENGARANG:OSSA SHAUMI RAMADHANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


Ossa Shaumi Ramadhanty, 1910412220008, 2023. Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR)dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Laba pada Perusahaan Sektor  Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021. Dibawah bimbingan Hj. Nurul Wahyuni.

Dengan berkembangnya tatanan ekonomi dunia dan laju perkembangan menuju ekonomi pasar bebas, perusahaan semakin termotivasi untuk meningkatkan daya saingnya. Tidak terkecuali dengan perusahaan pertambangan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil tambang. Salah satu hasil tambang di Indonesia adalah batu bara yang persebarannya terdapat di Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Papua. Pada 2018-2021 terjadi pergerakan atau fluktuasi yang cukup signifikan pada laba perusahaan sektor pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR)dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Laba.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berjumlah 29 perusahaan. Besar sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Laba. Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Laba. Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Laba. Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Laba.

 

 

Kata kunci: Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Total Asset Turnover (TATO), dan Laba.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI