DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:DENOK LARASATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


ABSTRAK

 

Larasati Denok. 2023. Implementasi Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Program Merdeka Belajar di SMA Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah. 

 

Kata Kunci: Nilai Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Program Merdeka Belajar, aspek Bernalar kritis dan Kreatif.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Program Merdeka Belajar di SMA Ukhuwah Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan tringulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Program Merdeka belajar di SMA Ukhuwah Banjarmasin yaitu dengan berlandaskan Profil Pelajar Pancasila yaitu dengan Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri melalui kegiatan keagamaan dan pengembangan Ektrsakulikuler disekolah serta kegiatan pendukung lainnya serta melaksanakan kurikulum merdeka berubah yang mana bertujuan untuk pembentukan karakter siswa-siswi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI