DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS SISTEM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT PADA POLRES BANJAR STUDI DESKRIPTIF (APLIKASI SMART - SIAP MELAYANI ANDA REAL TIME)
PENGARANG:ROS NIRWANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-22


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas Aplikasi SMART Polres Kabupaten Banjar dengan menggunakan studi deskriptif. E-government telah menjadi salah satu inisiatif penting dalam modernisasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan bersifat deskriptif untuk menggambarkan keadaan dan karakteristik sistem pelayanan publik yang ada di Polres Kabupaten Banjar serta menganalisis tingkat efisiensi dan efektivitas dari implementasi aplikasi SMART. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan Polres Kabupaten Banjar, Polda Kalimantan Selatan, dan Masyarakat, dan analisis dokumen terkait.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi realisasi anggaran belanja pada tahun 2022 yaitu 100% yang artinya Polres Kabupaten Banjar belum efisien mengenai anggaran belanja untuk program aplikasi SMART. Sedangkan efektivitas realisasi anggaran belanja pada tahun 2022 yaitu 100% yang artinya Polres Kabupaten Banjar sudah efektif dalam pengelolaan anggaran untuk program aplikasi SMART.Adapun dilihat dari kriteria proses dan kriteria hasil penilaian efisiensi dan efektivitas pada aplikasi SMART, hasilnya aplikasi SMART Polres Banjar merupakan pelayanan yang efektif dan efisien. Hal tersebut bisa dilihat dari kemudahan maupun kecepatan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Kemudahan akses pelayanan tersebut didukung adanya inovasi metode pelayanan. Hal tersebut didukung oleh adanya bagusnya sumber daya manusia, dana, peralatan, pelayanan, dan target layanan.

Kata Kunci: Efisiensi, Efektivitas, dan E-Government

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI