DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM MENIRU BENTUK PADA TEMA REKREASI MENGGUNAKAN VARIASI METODE DEMONTRASI DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B TK NU AL-ANSHAR KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:BARDIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-22


ABSTRAK

Bardiah 2020, Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak dalam Meniru Bentuk pada Tema Rekreasi menggunakan Variasi Metode Demontrasi dan Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok B TK NU Al-Anshar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi.,M.Pd

 

Kata Kunci : Motorik Halus, Meniru Bentuk, Metode Demonstrasi dan Metode Pemberian Tugas

 

Permasalahan yang terjadi di TK NU Al Anshar adalah anak belum mampu meniru bentuk dengan tepat. Kesulitan belajar ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penyajian yang kurang menarik bagi anak, kurang tepatnya metode yang diberikan, kurangnya motivasi yang diberikan sehingga kurang merangsang  kemauan dan minat anak dalam belajar. Apabila semua ini dibiarkan terus-menerus maka akan menghambat perkembangan motorik anak, sehingga anak menjadi tidak kreatif dan kurang percaya diri.

Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelompok B tahun ajaran 2017/2018 di TK NU Al-Anshar. Jumlah anak kelompok B yang menjadi subjek penelitian adalah 15 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian dilakukan pada bidang pengembangan motorik halus dengan tingkat pencapaian perkembangan meniru bentuk. Peneliti menggunakan variasi metode demontrasi dan metode pemberian tugas yang cocok untuk dipergunakan dalam memecahkan masalah tersebut.Sudjana (2010:83) mengemukakan, metode demontrasi adalah suatu metode mengajar memperlihatkan bagaimana jalannya suatu proses terjadinya sesuatu. Oleh karena itu metode demontrasi merupakan metode mengajar yang sangat efektif, sebab membantu para peserta didik untuk mencari jawaban serta usaha sendiri berdasarkan fakta yang dilihat.Sedangkan metode pemberian tugas merupakan salah satu metode untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan cara belajar yang  lebih baik dan memantapkan penguasaan perolehan hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila aktivitas guru sangat baik, aktivtas anak aktif dan hasil pencapaian perkembangan Berkembang Sesuai Harapan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan variasi metode demonstrasi dan metode pemberian tugas dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam meniru bentuk pada tema rekreasi pada anak kelompok B TK NU AL-Anshar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas anak dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif dan pada pengembangan belajar anak secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)

 

Kesimpulan Aktivitas guru telah mencapai kriteria Sangat Baik dengan  skor 31. Aktivitas anak telah mencapai kriteria Sangat Aktif dengan skor 99,6Hasil capaian perkembangan anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik          (BSB) dengan skor 100 %.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI