DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI PADA TAGAR #RIPTwitter DAN #GoodByeTwitter DI MEDIA SOSIAL TWITTER
PENGARANG:NURIN AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-24


Nurin Aulia, 1910414220024, 2023, Analisis Jaringan Komunikasi Pada Tagar #RIPTwitter DAN #GoodByeTwitter Di Media Sosial Twitter, Dibimbing Bachruddin Ali Akhmad.

            Pada 19 November 2022 tagar #RIPTwitter dan #GoodByeTwitter ramai diperbincangkan oleh pengguna Twitter. Tagar tersebut merupakan gerakan digital yang dilakukan oleh pengguna Twitter akan isu kebijakan baru Twitter oleh Elon Musk. Para pengguna Twitter saling brinteraksi melalui tagar tersebut sehingga membentuk jaringan komunikasi yang besar. Oleh karena itu dilakukan analisis jaringan komunikasi untuk

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis data, analisis teks, dan analisis isi terhadap tagar #RIPTwitter DAN #GoodByeTwitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan teknik analisis jaringan komunikasi berbasis Big Data. Jumlah sampel 9449 total messages dengan alat penelitian berupa perangkat lunak Netlytic.org dan perangkat lunak Gephi versi 0.10.1 Tahun 2023.

            Hasil penelitian dianalisis dengan metode Analisis Jaringan Komunikasi dalam 3 level analisis meliputi level struktur jaringan (sistem), level kelompok, dan peranan aktor. Serta analisis isi yang menunjukkan berbagai pendapat terkait #RIPTwitter dan GoodByeTwitter yang merujuk pada protes terhadap fitur dan kebijakan baru Elon Musk.    

 

Kata kunci : Analisis Jaringan Komunikasi, Big Data, Twitter, Netlytic.org, Gephi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI