DIGITAL LIBRARY



JUDUL:WISATA TAMAN BUAH LOKAL MEKAR LESTARI DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-24


Nisa. 2023. Wisata Taman Buah Lokal Mekar Lestari di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS, Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. Syaharuddin, M.Pd. (2) Jumriani, M.Pd.

Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar dengan memberi pengetahuan terhadap kondisi flora yang ada di alam dijadikan objek wisata lokal yang memberikan manfaat peserta didik mengetahui lebih dalam wisata lokal. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan wisata taman buah lokal mekar lestari di Desa Anjir Serapat Muara 1, (2) mendeskripsikan taman buah lokal mekar lestari di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran suatu objek untuk diteliti dengan menggunakan kata-kata dan disertai dengan sajian gambar dan tabel yang diperlukan untuk data dan informasi serta garis besar tahapan guna menjawab pertanyaan seperti siapa, kapan, dimana, dan bagaimana serta mengapa. Maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi lokasi taman buah lokal mekar lestari di Desa Anjir Serapat Muara 1, wawancara langsung dengan narasumber kepala Desa Anjir Serapat Muara 1, SBI, Pokdarwis, guru IPS, serta masyarakat yang pernah berwisata. Teknik analisis yg digunakan yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi serta uji keabsahan data.

Hasil penelitian yang didapat yaitu (1) Wisata yang menjadi daya tarik wisata taman buah lokal mekar lestari di Desa Anjir Serapat Muara 1 yakni terdapat flora  seperti hambawang, kuini, kasturi, kecapi, jengkol, gayam, petai, sukun, nangka, cempedak, jambu bol serta jambu air yang menjadi tujuan dalam wisata taman buah lokal adapun juga yang menjadikan tempat wisata. (2) Taman buah lokal mekar lestari Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS bisa dimanfaatkan menjadi sumber belajar dengan materi ajar kelas VII Tema 2 Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk IndonesiaBagian Keragaman Flora Dan Fauna di Indonesia.  

Simpulan penelitian di Desa Wisata Kanoco Anjir Serapat Muara 1 mempunyai lahan perkebunan yang dijadikan sebagai wadah untuk mengembangkan perekonomian Desa wisata dan pengembangan flora yakni pengembangan tanaman kuini yang terancam punah yang ada di taman buah lokal mekar lestari. Wisata taman buah lokal mekar lestari dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran kelas VII Tema 2 Tentang Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk IndonesiaBagian Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia.

Kata Kunci: Wisata, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI