DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT MENGGUNAKAN RASCH MODEL
PENGARANG:HERMAN SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-24


Herman Saputra, 2023. ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT MENGGUNAKAN RASCH MODEL. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Prof. Dr. H Suratno, M. Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai tingkat validitas dan reliabilitas kuesioner pelayanan akademik di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini ditujukan kepada alat ukur kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dengan jumlah subjek sebanyak 4 item (Butir pertanyaan dalam kuesioner pelayanan akademik) yang direspon oleh mahasiswa sebanyak 1.559 responden pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terbagi dalam 3 angkatan yaitu Angkatan 2020, 2021, dan 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis validitas dan reliabilitas menggunakan rasch model bahwa dari 4 item yang di analisis terdapat 3 item yang dinyatakan valid yaitu item “Fasilitas pelayanan akademik yang tersedia”, “Tingkat kehadiran tenaga akademik” serta “Pelayanan tenaga akademik” sedangkan 1 item dinyatakan tidak valid yaitu item “Jam/ waktu pelayanan akademik”. Jika dilihat berdasarkan uji reliabilitas yang menyatakan bahwa tingkat reliabilitas item-item tersebut dinyatakan bagus dengan skor perolehan 0,88.

Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Kuesioner Pelayanan Akademik, Rasch Model

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI