DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis komparatif pelaksanaan Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Boneka Jari dan Wayang Dalam Aspek Bahasa Dalam Menceritakan Kembali Cerita atau Apa yang Telah Didengar pada kelompok B Di Taman kanak-kanak
PENGARANG:ERNILAWATY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-26


ABSTRAK

 

Ernilawaty. 2020. ”Analisis komparatif pelaksanaan Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Boneka Jari dan Wayang Dalam Aspek Bahasa Dalam Menceritakan Kembali Cerita atau Apa yang Telah Didengar pada kelompok B Di Taman kanak-kanak”. Skripsi program SI Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing Dr.  H. Ahmad Muhyani Rizalie,M.Si

Kata kunci : Bahasa, Picture and Picture, Bercerita, Boneka jari, wayang.

Penelitian ini berlatang belakang pada rendahnya kemampuan aspek bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita dengan apa yang dengarnya dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari perbedaan dan persamaan dari kedua penelitian terdahulu. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek bahasa dalam menceritakan kembali cerita dengan apa yang dengarnya dengan menggunakan model picture and picture, metode bercerita dan media boneka jari dan wayang.

Berdasarkan studi pendahuluan skripsi I oleh Iriani (2020) dan skripsi II oleh Noor Baiti (2020) disimpulkan bahwa kedua skripsi telah menerapkan model picture and picture, metode bercerita dan media boneka jari dan wayang telah berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak saat penerapan model picture and picture, metode bercerita dan media boneka jari dan wayang pada dua buah hasil penelitian tindakan kelas tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan rancangan multi individual, sehingga analisis data dilakukan dalam dua tahap yakni analisis data individual dan data lintas individual. Uji keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan comfirmability.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru skripsi II lebih baik dibandingkan dengan skripsi I. Aktivitas anak skripsi I lebih baik dibandingkan dengan skripsi II. Hasil perkembangan anak pada aspek bahasa kedua skripsi sama karena sama-sama pengalami peningkatan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI