DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Telah Didengar Pada Tema Binatang Menggunakan Variasi Model Picture And Picture dan Metode Bercerita Pada Kelompok A PAUD Terpadu Ananda Kelurahan Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan
PENGARANG:RIKA AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-26


ABSTRAK

Akbar Rika, NIM A1E714254. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Telah Didengar Pada Tema Binatang Menggunakan Variasi  Model Picture And Picture dan Metode Bercerita Pada Kelompok A PAUD Terpadu Ananda Kelurahan Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci : Bahasa, Picture And Picture, Metode Bercerita

Hasil pengamatan di lapangan yang dilakukan pada anak kelompok A PAUD Terpadu Ananda, kenyataannya pembelajaran di bidang bahasa lebih dari 50% anak belum mampu untuk memasangkan gambar sesuai urutannya dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang telah didengarnya.  Kesulitan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penyajian materi dan media yang kurang menarik bagi anak, kurang tepatnya metode atau model yang diberikan, kurangnya motivasi yang diberikan sehingga kurang merangsang kemauan dan minat anak dalam belajar.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelompok A tahun ajaran 2017/2018 di PAUD Terpadu Ananda. Jumlah anak kelompok A adalah 15 orang yang terdiri dari 7 orang laki laki dan 8 orang perempuan. Penelitian dilakukan pada bidang pengembangan bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita/ dongeng yang telah didengar. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman anak terhadap materi tersebut. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas anak, sedangkan data kuantitatif berupa lembar hasil karya anak untuk hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila aktivitas guru sangat baik dan aktivitas anak aktip serta pencapaian perkembangan berkembang sesuai harapan.

Hasil penelitian ini yaitu bahwa penggunaan variasi model picture and picture dan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang telah didengar pada tema binatang anak kelompok A PAUD Terpadu Ananda  kecamatan Banjarbaru Selatan, pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas anak dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif dan pada pengembangan belajar anak secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).

Kesimpulannya guru telah mencapai kriteria sangat baik dengan skor 36.aktivitas anak mencapai kriteria sangat aktip dengan skor perolehan  224 dari 240 skor maksimal dan hasil perkembangan anak dengan kriteria berkembang sangat baik dengan skor 100%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI