DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Cara Penggunaan Inhaler MDI (Metered Dose Inhaler) pada Pasien Penderita Asma di Apotek Appo Farma Banjarmasin
PENGARANG:RUSDAHLIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-27


ABSTRAK

EVALUASI CARA PENGGUNAAN INHALER MDI (METERED DOSE INHALER) PADA PASIEN PENDERITA ASMA DI APOTEK APPO FARMA BANJARMASIN(Oleh Rusdahlia ; Pembimbing : Nani Kartinah, Aditya Maulana Perdana Putra; 2023; .. halaman)

 

Asma adalah penyakit saluran pernapasan kronis yang ditandai dengan  inflamasi, kenaikan reaktivitas terhadap bermacam stimulus serta penyumbatan saluran napas, keefektifan pengobatandapat tercapai apabila pemakaian obat asma sudah tepat. Tujuan penelitian ini adalah mengavaluasi dan mendeskripsikankaraktersitik pasien asma yang menggunakan inhaler MDI dan mengavaluasi serta mendeskripsikanketepatan dan ketidaktepatan penggunaan inhaler MDI pada pasien asma di apotek Appo Farma Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah non eksperimental yang dilakukan secara observasional lalu data dianalisis secara deskriptif dengan instrumen penelitian checklist suggest. Hasil dari penelitian yaitu sebanyak 100 sampel yang termasuk kriteria inklusi dengan dominan responden berdasarkan karakteristik umur pada kategorilanjut usia/lansia awal dan akhir dengan rentang 46-65tahun sebanyak 48(48%)responden, jenis kelamin perempuansebesar 57 (57%)responden, status pekerjaanbekerja sebesar 67 (67%)responden, pendidikan terakhir SMA  dengan jumlah responden sebesar  26 (26%). Jumlah ketepatan peragaan responden yang tidak melewatkan satupun step cara menggunakan inhaler yaitu sebanyak 27 (27%) responden, sedangkan yang tidak tepat yaitu sebanyak 73 (73%) responden. Berdasarkan hal tersebut dinyatakan bahwa masih terdapat pasien yang belum menggunakan inhaler MDI dengan benar.

 

Kata kunci: Asma, MDI (Metered Dose Inhaler), Ketepatan, Ketidaktepatan.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI