DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BATIK PADA MUATAN IPA KELAS VA SDN ALALAK TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:HESTI KURNIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-28


 

 

 

Kurniawati, Hesti. 2023.Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model BATIK Pada Muatan IPA Kelas VA SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing Wahdah Refia Rafianti, S.Sn., M.Pd.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Aktivitas belajar, Hasil Belajar, BATIK

 

            Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi dan kelangsungan makhluk hidup. Penyebabnya adalah pembelajaran bersifat satu arah sehingga siswa tidak memahami materi, pembelajaran yang monoton dan membosankan, pembelajaran tidak menerapkan keterampilan proses, dan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada saat pembelajaran siswa menjadi kurang mampu dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep IPA, rasa ingin tahu siswa menjadi rendah, siswa kurang mampu memecahkan permasalah yang diberikan, dan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan model BATIK (Problem Based Learning, Think Pair and Share dan Make a Match). Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis motivasi, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan dua macam pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian disini adalah siswa kelas VA semester genap SDN Alalak Tengah 4 tahun 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana hingga mencapai nilai 100% dengan kategori sangat baik, motivasi belajar terlaksana hingga mencapai persentase 91% dengan dengan kategori motivasi hampir seluruh siswa sangat tinggi, aktivitas siswa terlaksana hingga mencapai persentase 95% dengan kategori sangat aktif, , hasil belajar kognitif siswa mencapai persentase 95% dengan kategori tuntas, dan hasil belajar afektif mencapai persentase 100% dengan kategori membudaya, dan hasil belajar psikomotorik mencapai persentase 91% dengan kategori sangat baik.

 

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model BATIK dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Disarankan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI