DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 PALANGKAU BARU KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:ISWATUN HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-28


Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN 1 Palangkau Baru yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, pembelajaran kurang bermakna bagi siswa, kemudian siswa juga masih belum terlibat dalam pembelajaran yang bersifat berpikir ilmiah. Diperbaiki dengan menggunakan model InquiryLearning dan Number Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah mendekskripsikan aktivitas guru, serta menganalisispeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model InquiryLearning dan Number Head Together.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitianyaitu siswa kelas V SDN 1 Palangkau Baru tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 10 orang, terdiri dari 7 perempuan dan 3 laki-laki. Cara pengumpulan data melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tes untuk hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil aktivitas guru telah terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria sebagian besar aktif. Kemudian hasil belajar siswa secara klasikal mencapai indikator keberhasilan yaitu nilai ≥80% siswa mendapatkan nilai nilai ≥70.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model InquiryLearning dan Number Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta hipotesis diterima. Disarankan penelitian ini dapat menjadi salah satu alternative bagi kepala sekolah untuk membinaguru dalam melakukan inovasi pembelajaran, sebagai alternative bagi guru dalam penggunaan model pembelajaran, serta sebagaireferensi untuk penelitian selanjutnya. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI