DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “EVALUASI” Karya Baskara Putra (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Pada Lirik Lagu “EVALUASI” Karya Baskara Putra)
PENGARANG:MUHAMMAD ZABIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-28


ABSTRAK

 

Muhammad Zabidi, 1710414610031, 2023, Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “EVALUASI” Karya Baskara Putra (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Pada Lirik Lagu “EVALUASI” Karya Baskara Putra). Dibawah Bimbingan Fahrianoor dan Sarwani.

 

Musik merupakan salah satu cara dalam melakukan kegiatan komunikasi melalui suara yang diharapkan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang berbeda. Sebuah lirik dalam musik memiliki komunikasi dalam memahami jati diri seorang dan orang lain. Komunikasi secara non verbal dalam sebuah lirik menampilkan cara seorang pengarang lagu dalam menjelaskan isi hatinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui makna motivasi dari penggerak, pendorong, dan pengarah perbuatan yang terkandung dalam lirik lagu Evaluasi karya Baskara Putra, dalam kajian semiotika menurut Saussure.

Metode penelitian ini mengguankan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis makna dalam kalimat pada lirik lagu “Evaluasi” berupa dokuemntasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif 

Berdasarkan hasil peneltian bahwa makna motivasi tersebut adalah dari cara memberikan makna lagu tersebut dari segi penggerak, pendorong, dan pengarah dari perbuatan yang akan dilakuan karena adanya lagu tersebut dapat memberikan makna yang harus dilakukan sehingga dapat membuat  pendengar dapat merasakan yang dirasakan oleh penulis pada lagu tersebut. Sikap itulah yang mendasari dan mendorong ke arah sejumlah perbuatan dalam belajar.  Lagu “evaluasi” tersebut sebagai sebuah penggerak perbuatan dari dorongan psikologis yang melahirkan sikap terhadap seorang pendengar itu merupakan suatu kekuatan yang tak terbendung.  Selain itu dari lagu “evaluasi” tersebut menampkan harapan dari pencipta lagu dalam mengkomunikasikan dari segi pengarah perbuatan yang harus dilakukan agar seorang pendengar yang mempunyai motivasi dapat menyeleksi mana perbuatan yang harus dilakukan dan mana perbuatan yang diabaikan. Sesuatu yang akan dicari seorang pendengar merupakan tujuan belajar yang akan dicapainya. Tujuan itulah sebagai pengarah yang memberikan motivasi kepada seorang pendengar dalam memahami makna dalam sebuah lagu.

 

 

Kata kunci: Makna, Motivasi, Lagu, Semiotika.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI