DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI MODEL PRESTASI DI KELAS IV SDN GAMBUT 2
PENGARANG:ESYA FATIKHATUL ISLAMY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-29


Islamy, Esya. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Muatan IPA. Tema Indahnya Keragaman di Negriku Menggunakan Model PRESTASI pada Siswa Kelas IV SDN GAMBUT 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambu ng Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Asrani, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model PRESTASI Problem Based Learning, Picture and Picture, Talking Stick

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar yang disebabkan oleh pembelajaran bersifat satu arah, kurang menyenangkan dan siswa yang tidak fokus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas, motivasi dan hasil belajar dalam melaksanakan pembelajaran pada muatan IPA dengan kombinasi Model PRESTASI.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas IV SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif tabel dan grafik. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik”, motivasi dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif” dan “Sangat termotivasi” apabila memperoleh ≥80%. Hasil belajar siswa tuntas apabila siswa mencapai nilai ≥70 atau ketuntasan secara klasikal yaitu ≥80%.

Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama III pertemuan menunjukkan bahwa aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PRESTASI mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh nilai 100 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria “Seluruh Siswa Aktif”. Hasil belajar siswa meningkat mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Aktivitas Guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PRESTASI pada siswa kelas IV SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar telah terlaksana sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Menggunakan model PRESTASI secara klasikal “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa dalam pelaksaan pembelajaran setiap pertemuan terjadi peningkatan sehingga memperoleh katagori “Sangat Termotivasi. model Lembar Enam Concept Mampu meningkatkan Hasil belajar siswa hingga pertemuan Terakhir mencapai 100% siswa tuntas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI