DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDN-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin
PENGARANG:MARINI FAZRINA SILABAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-29


Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia sangat penting untuk dipelajari sedini mungkin untuk bisa turut bersaing di dunia yang semakin modern dan global. Kemampuan penguasaan kosakata merupakan dasar dalam menguasai keempat keterampilan berbahasa inggris. Salah satu upaya kreatif dalam pembelajaran agar menarik adalah dengan memanfaatkan media Flashcard yang dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Inggris khususnya mengasah penguasaan kosakata siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, angket, tes. Hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 60,5 meningkat menjadi 86,3 pada saat post-test dengan nilai uji paired sample t-test diperoleh bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu -11.682 > 2,045 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran Flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pendidik dapat menjadikan media pembelajaran Flashcard sebagai salah satu alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran bahasa Inggris dan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI