DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN IPATEMA 6 MATERI DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN NHT DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 4 DI SDN TABUNGANEN KECIL
PENGARANG:TRI MUSTIKA S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-29


S, Tri Mustika (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA Tema 6 Materi Daur Hidup Hewan Menggunakan Model PBL dan NHT dengan Pendekatan TPACK Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 4 di SDN Tabunganen Kecil. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning (PBL), dan Number Head Together (NHT).

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah atau berpusat pada guru, siswa kurang terlibat aktif  dalam pembelajaran, pembelajaran belum menerapkan model yang fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi model PBL dan NHT dengan Pendekatan TPACK melalui media Video dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tabunganen Kecil yang berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan orang 5 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 24 (baik), meningkat menjadi 32 (sangat baik) pada pertemuan 4. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 36% (kurang aktif), meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada pertemuan 4. Adapun keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 memperoleh persentase 36% (kurang terampil), meningkat menjadi 93% (sangat terampil) pada pertemuan 4. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 36%, meningkat menjadi 93% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dan NHT serta Pendekatan TPACK Berbasis Video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI