DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERJUANGAN MEMBERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN TELUK DALAM 1 | |
PENGARANG | : | REZA ROSYADI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-11-30 |
Rosyadi,reza.2022.meningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarpeserta
didik materi perjuangan membertahankan kemerdekaan menggunkan kombinasi model jigsaw, numbered heads together, dan team games tournament pada siswa kelasv sdn teluk dalam1. Skripsi Program Studi PendidikanGuruSekolah DasarFKIP ULMBanjarmasin. Pembimbing Zain AhmadFauzi, M.Pd
Katakunci:Aktivitasbelajar, HasilBelajar
Latar belakangmasalahyang terjadi adalah rendahnya aktivitas siswayang disebabkan olehprosespembelajaranyangbelumberfokuspadasiswa,tidak terciptanyakondisibelajar yang menyenangkandanmenantang bagianak, dan kegiatanbelajaryang belummemberikan pengalaman belajar bagipesertadidik. Mengakibatkansiswamerasabosan,anakmenjadipasif,anakkurang mampu bekerjasamadengantemannya,sertakurang mampumengembangkanidedalam pembelajaran.salahsatuupayauntukmeningkatkanaktivitas siswadalam pembelajaranyaitu menggunakan kombinasi modelJigsaw, Numbered Heads Together dan Team Games Tournament. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitassiswa,aktivitasguru,danhasilbelajar materiPerjuangan Mempertahankan Kemerdekaan PadaSiswakelasVSDNTELUKDALAM1
Penelitianinimenggunakanpendekatan penelitiankualitatifdenganjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan.Subjek penelitian adalahsiswakelasVsemestergenapSDNTELUK DALAM 1 tahunpelajaran 2021/2022,denganjumlahsiswasebanyak30siswa. Jenisdatadalampenelitianini adalah datakualitatif dan kuantitatif. Datakualitatif diperoleh melaluiobservasiaktivitasgurudansiswa.Datakuantitatifdiperoleh melaluiteknik pengukuran dengan testertulis secaraindividu.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa aktivitasgurupadapertemuanI mencapaikriteriabaik, pertemuan II mencapaikriteriabaik, pertemuan III mencapaikriteriabaik. AktivitassiswapadapertemuanI mencapaikriteriacukup aktif, pertemuan II mencapaikriteria cukupaktif,pertemuanIII mencapaikriteria aktif.KetuntasanklasikalhasilbelajarsiswapadapadapertemuanImencapai26
%,pertemuanIImencapai35%,pertemuanIIImencapai94%,danpertemuanIV
mencapai97%.
Berdasarkan hasilpenelitian ini makadapatdisimpulkan bahwa penggunakankombinasimodelJigsaw, NumberedHeadsTogether,danTeam Games Tournamentdapatmeninngkatkanaktivitas siswa.Dansaranyang dikemukakanpenelitiagarmodelJigsaw, NumberedHeadsTogether,danTeam GamesTournament dapat menjadialternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran danmeningkatkanaktivitassiswasertahasilbelajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI