DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERJUANGAN MEMBERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN TELUK DALAM 1
PENGARANG:REZA ROSYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-30


Rosyadi,reza.2022.meningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarpeserta

didik  materi  perjuangan  membertahankan  kemerdekaan  menggunkan kombinasi   model   jigsaw,   numbered   heads   together,   dan   team   games tournament  pada  siswa  kelasv  sdn  teluk  dalam1.  Skripsi  Program  Studi PendidikanGuruSekolah DasarFKIP ULMBanjarmasin. Pembimbing Zain AhmadFauzi, M.Pd

 

Katakunci:Aktivitasbelajar, HasilBelajar

 

 

Latar belakangmasalahyang terjadi adalah rendahnya aktivitas siswayang disebabkan   olehprosespembelajaranyangbelumberfokuspadasiswa,tidak terciptanyakondisibelajar yang menyenangkandanmenantang bagianak, dan kegiatanbelajaryang belummemberikan pengalaman belajar bagipesertadidik. Mengakibatkansiswamerasabosan,anakmenjadipasif,anakkurang mampu bekerjasamadengantemannya,sertakurang mampumengembangkanidedalam pembelajaran.salahsatuupayauntukmeningkatkanaktivitas siswadalam pembelajaranyaitu menggunakan kombinasi modelJigsaw, Numbered Heads Together   dan   Team   Games   Tournament.   Tujuan   penelitian   ini   untuk meningkatkan aktivitassiswa,aktivitasguru,danhasilbelajar materiPerjuangan Mempertahankan Kemerdekaan PadaSiswakelasVSDNTELUKDALAM1

 

Penelitianinimenggunakanpendekatan penelitiankualitatifdenganjenis Penelitian   Tindakan   Kelas   (PTK),   yang   dilaksanakan   dengan   empat   kali pertemuan.Subjek penelitian adalahsiswakelasVsemestergenapSDNTELUK DALAM 1  tahunpelajaran  2021/2022,denganjumlahsiswasebanyak30siswa. Jenisdatadalampenelitianini adalah datakualitatif dan kuantitatif. Datakualitatif diperoleh melaluiobservasiaktivitasgurudansiswa.Datakuantitatifdiperoleh melaluiteknik pengukuran dengan testertulis secaraindividu.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa aktivitasgurupadapertemuanI mencapaikriteriabaik, pertemuan II mencapaikriteriabaik, pertemuan III mencapaikriteriabaik. AktivitassiswapadapertemuanI mencapaikriteriacukup aktif, pertemuan II mencapaikriteria cukupaktif,pertemuanIII mencapaikriteria aktif.KetuntasanklasikalhasilbelajarsiswapadapadapertemuanImencapai26

%,pertemuanIImencapai35%,pertemuanIIImencapai94%,danpertemuanIV

mencapai97%.

Berdasarkan hasilpenelitian ini makadapatdisimpulkan bahwa penggunakankombinasimodelJigsaw, NumberedHeadsTogether,danTeam Games Tournamentdapatmeninngkatkanaktivitas siswa.Dansaranyang dikemukakanpenelitiagarmodelJigsaw, NumberedHeadsTogether,danTeam GamesTournament  dapat  menjadialternatif  guru  untuk  memperbaiki pembelajaran danmeningkatkanaktivitassiswasertahasilbelajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI