DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) DALAM UPAYA MENANGGULANGI BENCANA BANJIR DI KOTA BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2021
PENGARANG:SANDRA LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-30


Sandra Lestari, NIM. 1710413620053, 2022 PeranBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)dalam upaya penanggulangan bencana banjir diKota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021. Pembimbing bimbingan Mahyuni.

 

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisa mengenai peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam upaya menanggulangibencana banjir di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifatdeskriptif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sumber data Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Seksi pencegahan dan kesiapsiagaan, Kepala Seksi kedaruratan dan logistik, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Kota Banjarmasin dan masyarakat terdampak. Teknikanalisis data menggunakan pengumpulan data, reduksidata, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian Peran Badan PenanggulanganBencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin dapatdiketahui bahwa Pemerintah Daerah telahmengeluarkan peraturan tentang pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan PenanggulanganBencana Daerah. Tujuan penetapan perda untukmembantu pemerintah dalam upaya penyempurnaan dan penataan di bidang kelembagaan, kepegawaian dan tata laksana agar terselenggaranya tugas umum Pemerintahan. Peran Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) dalam upaya menaggulangi bencana banjir di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan sudah cukup baik, dapat dilihat dalam peranan kepala pelaksana BPBD Kota Banjarmasin yangmenerapkan SOP yang baik, yaitu dengan menerapkanpenanggulangan yang cepat dan tepat sasaran.Melakukan koordinasi dengan dinas terkait baikinstansi pemerintah ataupun lembaga kemasyarakatandalam upaya penanggulangan bencana banjir saling membantu dalam penganggulangan bencana serta evakuasi korban bencana banjir.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) sebaiknya membuat posko-posko tanggapbencana meskipun tidak ada bencana dan memberikansosialisasi secara berkala untuk pencegahan danPenanggulangan bencana.

 

Kata kunci : Peran, Banjir, Badan PenanggulanganBencana Daerah (BPBD)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI