DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA MELALUI KEGIATAN BENDA TERAPUNG DAN TENGGELAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE EKSPERIMEN
PENGARANG:SOPHIATUN IKHWANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-30


Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aspek Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sains sederhana anak melalui kegiatan benda terapung dan tenggelam. Hal ini disebabkan oleh krgiatan sains sederhana disekolah yang kurang aktif, kurangnya latihan anak dalam kegiatan sains sederhana, kurangnya diberi kesempatan untuk melakukan percobaan sains sederhana secara langsung. Solusi menggunakan model pembelajaran problem solving dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam kemampuan sains sederhana melalui kegiatan benda terapung dan tenggelam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualintatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan teknik pengukuran tes secara individual dan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1-3 sudah terlaksana dari skor 23 sampai 40 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pertemuan 1-3 terlaksana dari 20% sampai 100% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil perkembangan anak pada pertemuan 1-3 berkembang dari 30% sampai 100% dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian dalam pemilihan model pembelajaran dapat dijadikan alternatif dalam peningkatan hasil perkembangan kemampuan sains sederhana anak melalui kegiatan benda terapung dan tenggelam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI