DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING, EXPLICIT INSTRUCTION DAN MEDIA KOLASE DI TK MAWAR PUTIH
PENGARANG:ANISA DIA SARTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-30


Abstrak 

Permasalahan yang dihadapi anak kelompok A TK Mawar Putih Tapin adalah rendahnya kemampuan fisik motorik halus anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan. Maka digunakan model kombinasi Project Based Learning, Explicit instruction dan media kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivits guru, aktivitas anak dan kemampuan motorik halus anak menggunakan kombinasi model Project Based Learning, Explicit instruction dan media kolase di TK Mawar Putih. Penelitian ini berjenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini anak kelompok A TK Mawar Putih berjumlah 19 anak. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru megalami peningkatan dengan nilai terakhir 27 (Sangat Baik). Aktivitas anak juga meningkat dengan nilai terakhir 84,21% (Sangat Aktif) dan perkembangan motorik halus anak pada kemampuan menggunakan kedua tangannya dengan terkontrol pada saat menggunakan lem dan menempel semua bahan-bahan pada kegiatan kolase juga mengalami peningkatan dengan ketuntasan secara klasikal 89,47% pada pertemuan terakhir, dengan demikian kombinasi model Project Based Learning, Explicit instruction dan media kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan disarankan untuk digunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil kemampuan motorik halus anak.

Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Anak, Project Based Learning, Explicit Instruction, Media Kolase.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI