DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KOMPARATIF PENGARUH GURU PENGGERAK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP
PENGARANG:AKHMAD ZULKARNAIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-30


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan guru penggerak lebih baik daripada bukan guru penggerak di SMP; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan dalam pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa oleh guru penggerak dan bukan guru penggerak.Jenis penelitian yaitu penelitian komparatif dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampling yang digunakan oleh peneliti jika memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampelnya. Penelitian ini diambil dari 37 siswa di SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan guru penggerak dan 33 siswa di SMP Negeri 1 Banjarmasin dengan bukan guru penggerak. Hasil penelitian menunjukan (1) Rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan guru penggerak 64,59 dan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan bukan guru penggerak 78,65. Serta terdapat perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji Independent-Samples T Test one tailed dengan p-value 0,000 < 0,05. Hasil penelitian memperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan guru penggerak tidak lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan bukan guru penggerak; (2) Faktor-faktor yang berperan dalam pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa oleh guru penggerak dan bukan guru penggerak yaitu kepala sekolah, rekan kerja, sarana dan prasarana, motivasi belajar, kemampuan guru, kepemimpinan guru, pengalaman kerja dan lingkungan kerja.

 

Kata kunci: Guru penggerak, Hasil belajar, Studi komparatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI