DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH AUDIT DELAY, OPINI AUDIT GOING CONCERN, PERGANTIAN MANAJEMEN, REPUTASI AUDITOR DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP VOLUNTARY AUDITOR SWITCHING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2020)
PENGARANG:DINDA WULAN SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-05


Dinda Wulan Sari, (2021). Pengaruh Audit Delay, Opini Audit Going Concern, Pergantian Manajemen, Reputasi Auditor Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Voluntary Auditor Switching Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2020. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. H. Fahmi Rizani, Drs., M.M, Ak, CPA.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis (1) pengaruh audit delay terhadap pergantian auditor secara sukarela; (2) untuk menganalisis pengaruh opini audit going concern terhadap pergantian auditor secara sukarela; (3) untuk menganalisis pengaruh pergantian manajemen terhadap pergantian auditor secara sukarela; (4) untuk menganalisis pengaruh reputasi auditor terhadap pergantian auditor secara sukarela; (5) untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan klien terhadap pergantian auditor secara sukarela.

Populasi dalam penelitian ini adalah 195 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2015-2020. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 42 perusahaan dengan total 252 sampel untuk 6 tahun penelitian. Data tersebut diolah dengan menggunakan analisis regresi logistik. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audit delay, opini audit going concern, pergantian manajemen, reputasi auditor dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap voluntary auditor switching. Hasil penelitian ini tidak bisa membuktikan kaitan teori keagenan dengan audit delay, opini audit going concern, pergantian manajemen, reputasi auditor dan ukuran perusahaan terhadap voluntary auditor switching. Sehingga, perlunya penelitian lebih lanjut dengan menambahkan beberapa variabel yang mempengaruhi voluntary auditor switching baik dari sisi internal ataupun eksternal dan menambahkan tahun pengamatan untuk menambah sampel penelitian.

 

Kata Kunci: Audit Delay, Opini Audit Going Concern, Pergantian Manajemen, Reputasi Auditor, Ukuran Perusahaan, dan Voluntary Auditor Switching

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI