DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK KONSELOR SEBAGAI PEMBENTUK MODAL PSIKOLOGIS KEPADA PASIEN ODHA (STUDI FENOMENOLOGI PADA LAYANAN VCT PUSKESMAS PEKAUMAN)
PENGARANG:M. FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-05


M. Firdaus, 1710414610020, 2023, Keterampilan Komunikasi Terapeutik Konselor Sebagai Pembentuk Modal Psikologis Kepada Pasien ODHA (Studi Fenomenologi Pada Layanan VCT Puskesmas Pekauman). Dibawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad dan Yuanita Setyastuti.

HIV/AIDS adalah masalah kesehatan global yang kompleks dan menantang. Mereka tidak hanya menghadapi tantangan fisik terkait penyakit ini, tetapi juga beban psikologis yang signifikan. Modal psikologis, yang mencakup self efficacy, optimism, hope, dan resiliency, memiliki peran yang krusial dalam membantu pasien ODHA menghadapi berbagai tekanan dan memperbaiki kualitas hidup mereka.

Penenlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi terapeutik terhadap modal psikologis pasien ODHA. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan berbagai aspek komunikasi terapeutik yang memengaruhi modal psikologis pasien ODHA. Keterampilan komunikasi terapeutik yang meliputi keterampilan komunikasi nonverbal yaitu sikap berhadapan, sikap mempertahankan kontak mata, sikap membungkuk dan sikap rileks. Selanjutnya, teknik komunikasi terapeutik yang mendukung terjalinnya komunikasi yang efektif meliputi: mendengarkan dengan penuh perhatian, menunjukkan penerimaan, menanyakan pertanyaan yang berkaitan, mengulang ucapan pasien dengan kata-kata sendiri, mengklarifikasi dan memfokuskan. Adapun karakteristik isi pesan tertentu yang membantu konselor dalam melakukan proses konseling diantaranya: keikhlasan, empati dan kehangatan. Studi ini diharapkan memberikan kontribusi penting dalam memahami peran komunikasi terapeutik dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan psikologis pasien ODHA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI