DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DETEKSI KUALITAS INSTRUMEN PENGUKUR PELAYANAN AKADEMIK DI SIMARI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BERBASIS RASCH MODEL
PENGARANG:MOHAMMAD AFIF KHOIRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-06


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai kualitas dari instrumen pengukur pada pelayanan akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ditujukan kepada alat ukur kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dengan jumlah butir 6 item yang direspon oleh mahasiswa sebanyak 1.770 responden pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terbagi dalam 3 angkatan yaitu dari Angkatan 2020, 2021, dan 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan deteksi kualitas menggunakan Rasch model bahwa dari 6 item yang dianalisis terdapat 5 item yang dinyatakan sesuai/cocok yaitu item “Fasilitas perpustakaan tersedia”, “Jam/waktu pelayanan perpustakaan”, “Pelayanan tenaga perpustakaan”, “Ketersediaan buku-buku perpustakaan”, dan “Pelayanan admin e-learning dalam mengatasi keluhan Anda”. Dapat disimpulkan bahwa, kualitas instrumen pengukur pada item butir P5 (Pertanyaan 5) belum bisa dikatakan layak, dikarenakan masih ada beberapa respon dari mahasiswa yang tidak sesuai/tidak valid dalam memberi respon sehingga pada item butir P5 (Pertanyaan 5) bisa diganti atau bisa dikembangkan lagi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI