DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAIT UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:RUSMINI ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-06


Pesatnya perkembangan teknologi yang tak terbendung membuat pelaksanaan pendidikan dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman serta dengan memanfaatkan aplikasi berbasis internet sebagai media belajar dapat mengoptimalkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini, untuk menyoroti kegiatan pembelajaran sejarah dengan menggunakan aplikasi quizizz oleh guru di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Dalam uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Tahapan dalam menganalisis data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran sejarah dengan menggunakan aplikasi quizizz oleh guru sejarah dimulai dengan melakukan perencanaan dengan membuat modul sesuai dengan kurikulum merdeka, pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz berjalan dengan lancar sesuai arahan guru penggunaan aplikasi quizizz memiliki dampak positif karena menyediakan media pembelajaran praktis yang meningkatkan motivasi siswa dan mendorong kompetitifitas dalam menjawab kuis. Namun, dampak negatifnya terlihat pada gangguan internet yang sering dialami oleh siswa dan penurunan tingkat konsentrasi belajar mereka tetapi bisa diatasi oleh guru.

Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran sejarah oleh guru telah menghasilkan temuan yang signifikan. Mulai dari perencanaan modul sesuai kurikulum Merdeka hingga pelaksanaan di kelas, penggunaan quizizz berjalan efektif dan lancar dengan arahan guru. Hasilnya menunjukkan dampak positif, aplikasi sebagai media pembelajaran praktis, meningkatkan motivasi siswa, serta memicu semangat kompetitif dalam menjawab kuis sejarah. Namun, ada dampak negatif teridentifikasi, seperti gangguan jaringan internet yang sering dihadapi siswa dan penurunan konsentrasi belajar. Beruntungnya, peran guru dralam mengatasi kendala ini membuktikan bahwa tantangan tersebut dapat diatasi dengan bantuan langsung dari pendidik, memastikan efektivitas pembelajaran terjaga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI