DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL PADA HASHTAG #BLOKIRKOMINFO DI TWITTER
PENGARANG:FATIMA AZ ZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-07


Fatima Az Zahra, 1910414220009, (2023), Analisis Jaringan Komunikasi Media Sosial pada Hashtag #BlokirKominfo di Twitter, Di bawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad.

Isu terkait kebijakan menjadi trending topic di media sosial Twitter dengan tagar #BlokirKominfo sebagai bentuk keresahan bersama. Penggunaan tagar terkait isu tersebut membentuk jaringan komunikasi. Penelitian ini bertujuan memetakan jaringan komunikasi terkait #BlokirKominfo dan mendeskripsikan isi jaringan komunikasi.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe deskriptif. Penelitian menggunakan metode Social Media Network Analysys berbasis Big Data dengan teknik analisis data yaitu level struktur jaringan, level kelompok, level aktor, peran dalam jaringan komunikasi, analisis text dan isi, melalui aplikasi Gephi dan website Netlytic.org dengan 2500 dataset messages sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan Teori Jaringan Sosial.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai diameter dalam jaringan 17, density 0.001229, reciprocity senilai 0.012080, centralization 0.090320 dan modularity 0.670700. Terdapat 5 cluster besar dengan 6 peranan aktor yang terbagi dalam Opinion Leader, Gate Keeper, Bridge, Liaision, Star (Cosmopolites), Isolate. Aktor yang berperan penting turut menentukan isi tagar dan berdasarkan analisis text dan isi juga menunjukkan beragam pendapat terkait #BlokirKominfo yang didominasi oleh penolakan terhadap kebijakan PSE.

 

Kata Kunci: Analisis Jaringan Komunikasi, Media Sosial, #BlokirKominfo.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI