DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA PADA PASIEN YANG DIRAWAT DI RUANG ICU RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:Nuarita Dewi Lestari -461
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-07


Latar Belakang: Dengan adanya dukungan keluarga akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesembuhan dan pemulihan pasien. Keluarga juga berperan sebagai support system bagi anggotanya dan keluarga selalu siap memberikan bantuan dan dukungan saat dibutuhkan support untuk pasien yang dirawat di ruang ICU..

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga pada pasien yang dirawat di ruang ICU RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian kuantitatif pada 40 responden keluarga pasien di ruang ICU dengan teknik purposive sampling.

Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 40 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik jenis kelamin perempuan sebanyak 65% responden, sebagian besar karakteristik usia 18-59 tahun, dengan karakteristik pendidikan terakhir sebagian besar berpendidikan SMA/SMK sebanyak 50%, dan karakteristik hubungan keluarga dengan pasien sebagian besar lainnya sebanyak 37%. Hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga, dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan penghargaan dengan kategori tinggi, dan dukungan informasi dengan kategori sedang.

Pembahasan: Penelitian ini, sebagian besar pasien mendapatkan dukungan keluarga, dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan penghargaan dengan kategori tinggi, dan dukungan informasi dengan kategori sedang. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan bagi keluarga, agar keluarga bisa memberikan dukungan yang lebih baik lagi.

Kata kunci:dukungan, ICU, keluarga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI