DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Huruf dengan Menggunakan Kombinasi Model Role Playing dan Metode Praktek Langsung Pada Anak Kelompok A TK Al Barokah Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:SUJIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-07


ABSTRAK

Sujiati, NIM A1E714257.Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Huruf dengan Menggunakan Kombinasi ModelRole Playing dan Metode Praktek Langsung Pada Anak Kelompok A TK Al Barokah Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program S1 Keguruan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kognitif, Huruf, Role Playing, Praktek Langsung.

 

Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan kemampuan kognitif adalah rendahnya hasil perkembangan kognitif dalam mengenal lambing huruf karena anak kurang focus dan kurangnya motivasi dalam memperhatikan guru. Akibatnya hasil perkembangan kognitif anak tahun 2018/2019 menunjukkan 10 dari 14 anak yang belum mencapai keberhasilan yaitu ≥ 80%. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti tertarik menggunakan kombinasi model role playing dan metode praktek langsung, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal huruf menggunakan kombinasi model role playing dan metode praktek langsung pada kelompok A TK Al Barokah Kabupaten Tanah Laut.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kombinasi model role playing dan metode praktek langsung dan observasi terhadap anak kelompok A TK Al Barokah Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 14 anak. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah mencapai ≥ 80%. Faktor yang diteliti adalah aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif dalam mengenal lambang huruf berhasil/berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh ≥ ???.

Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model role playing dan metode praktek langsung dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal huruf pada anak kelompok A TK Al Barokah Kabupaten Tanah Laut tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar menggunakan kombinasi model role playing dan metode praktek langsung sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil perkembangan anak meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI