DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK MEMAHAMI BACAAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN MATANG GINALUN
PENGARANG:MUHAMAD SYAUQY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-11


Syauqy, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Memahami Bacaan Menggunakan Model Direct Instruction Numbered Head Together, dan Problem Based Learning di Kelas IV SDN Matang Ginalun. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci : Meningkatkan hasil belajar aspek memahami bacaan menggunakan model Direct Instruciton, Numbered Heads Together, Problem Based Learning.

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia tema 7. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kurang menarik dalam membaca, menulis, menganalisis dan mengidentifikasi semua informasi tentang menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks dan menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri, dan juga minimnya pengetahuan guru mengenai variasi pembelajaran sehingga pembelajaran berlangsung cenderung monoton, serta siswa kurang mampu bekerjasama dan kurang mampu dalam menyampaikan pendapat. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model Pembelajaran Direct Instruction, Numbered Head Together, dan Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Numbered Head Together, dan Problem Based Learning  pada siswa kelas IV SDN Matang Ginalun.

Pendektan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Matang Ginalun yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan Aktivitas individu siswa skor 81%-100% sangat aktif serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 23 kriteria “Baik”, menjadi skor 30 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 56% kriteria “kurang aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 88% kriteria “sangat aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 50% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 88%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Direct Instruction, Numbered Head Together, dan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI