DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN AMPLANG IKAN TENGGIRI (Scomberomorus commerson) DIKELURAHAN TELAWANG KECAMATAN BANJARMASIN BARAT (STUDI KASUS USAHA BARU KOKO)"
PENGARANG:NABIL RIZQULLAH RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-11


ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN AMPLANG IKAN TENGGIRI (Scomberomorus commerson) DIKELURAHAN TELAWANG KECAMATAN BANJARMASIN BARAT (STUDI KASUS USAHA BARU KOKO)

 

Nabil Rizqullah Ramadhan1, Rina Mustika2, dan Elmiwia Rani Baturante2

 

Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan1

Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan2

Universitas Lambung Mangkurat

*Corresponding author:nabilrmdhan21@gmail.com

 

ABSTRAK

 

            Salah satu hasil diversifikasi produk perikanan adalah amplang. Usaha Baru Koko adalah salah satu usaha yang didirikan oleh Ibu Suryani (42) tahun merupakan salah satu usaha diversifikasi perikanan dalam bentuk pengolahan amplang ikan tenggiri (Scomberomorus commerson) yang terletak di wilayah kota Banjarmasin sebagai salah satu industri rumahan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Menganalisis strategi pengembangan usaha pengolahan amplang ikan tenggiri (Scomberomorus commerson) pada Usaha Baru Koko. Jenis data yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu, data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada pelaksanaan penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil matriks internal dan eksternal yang diperoleh dari nilai total skor pembobotan menunjukkan bahwa Usaha Baru Koko berada pada kuadran 1 (Strategi Agresif). Kekuatan yang terdapat pada Usaha Baru Koko; Diversifikasi varian rasa, harga produk yang terjangkau, memiliki izin usaha, dan ciri khas dari bentuknya. Peluang yang terdapat pada Usaha Baru Koko; Kebutuhan tinggi akan produk perikanan, adanya dukungan dari pemerintah, ekspansi pasar, dan perubahan ekonomi. Berdasarkan analisis SWOT, maka strategi yang ditawarkan adalah: (1) mempertahankan kualitas produk agar konsumen tidak mudah beralih ke produk sejenis, (2) mempertahankan ciri khas bentuknya, (3) menambah beberapa varian rasa dan melakukan ekpansi pasar agar produk lebih banyak dikenal, (4) menambah tenaga kerja sehingga dapat menunjuang peningkatan produksi untuk memaksimalkan permintaan pasar, (5) memperbesar daya tampung freezer agar dapat menambah skala produksi, (6) menambah informasi berat produk untuk konsumen agar memiliki informasi tentang berat produk sehingga membuat konsumen merasa yakin tentang jumlah atau volume yang akan mereka terima.

 

Kata Kunci: Amplang Ikan Tenggiri, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Usaha Baru Koko, Diversifikasi Perikanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI