DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KOLABORASI GURU REGULER DAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF
PENGARANG:Rahmawati Husna Hutauruk
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-12


ABSTRAK

 

HUTAURUK, R. H. 1810127120016. (2022). Tingkat Kolaborasi Guru Regulerdan  GuruPembimbingKhususDalamPerencanaan Pembelajaran

Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif.  

Dosen Pembimbing I:Agus PratomoAndi Widodo, M.Pd. DosenPembimbingII:  MachmudFauzi,M.Pd.

 

Kata Kunci: tingkat kolaborasi, guru reguler dan guru pembimbing khusus,perencanaanpembelajaran,pendidikaninklusif.

 

Penelitianinidilatarbelakangiadanyakendaladalammelakukan perencanaan pembelajaran untuk siswa berkebutuhankhususdikarenakankurangnyakolaborasiantara guru reguler dangurupembimbingkhusussaat mementukan program pembelajaran.Seharusnya,guru regulerdan gurupembimbingkhususdapatbekerjasamademitercapainya tujuanpendidikaninklusifyangbaik.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner/angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 orang guru reguler dan 17 orang guru pembimbing khusus (GPK) yang berjumlah 34 responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kolaborasi guru reguler dengan guru pembimbing khusus dalam perencanaan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin Jl. Sulawesi No.20, Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin Kalimatan Selatan. Kategori selalu sebanyak 3 guru dengan persentase 8,82%, kategori sering sebanyak 2guru dengan persentase 5,88%, kategori jarang sebanyak 21 guru dengan persentase 61,76%, kategori tidak pernah sebanyak 8 guru dengan persentase 23,53%. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kolaborasi guru reguler dengan guru pembimbing khusus dalam perencanaan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin termasuk dalam kategori jarang dengan persentase 61,76%. Dengan demikian tingkat kolaborasi guru reguler dan guru pembimbing khusus di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin berada pada tahap kompromi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI