DIGITAL LIBRARY



JUDUL:CITRA ANAK DALAM NOVEL “BURLIAN” KARYA TERE LIYE
PENGARANG:AHMAD RAFII
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-12


Rafi’i, Ahmad. (2023). Citra Anak dalam Novel “Burlian” dalam Serial Anak-anak Mamak Karya Tere Liye. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Ahsani Taqwiem, M.Pd.  (II) Faradina, M.Pd.            

 

Kata kunci: Citra, anak-anak, novel, Tere Liye

 

Anak adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan menuju dewasa. Anak-anak umumnya memiliki karakteristik kepribadian, psikologis, dan sosial yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, citra diri dari seorang anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti interaksi dengan lingkungan sekitarnya, pengalaman hidup, serta hubungannya dengan orang tua dan teman-temannya. Citra anak dalam sebuah karya sastra–seringkali ditemukan dalam karya sastra novel dapat bervariasi tergantung pada penulis, genre, dan tema novel tersebut. Karakter anak dalam novel dapat mencerminkan berbagai aspek kehidupan nyata, tetapi mereka juga sering kali merupakan representasi fiksi yang dibuat oleh penulis.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penerapan metode kualitatif ini bersifat deskriptif yang berarti data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan. Di dalam metode ini, peneliti melakukan penentuan fokus masalah yang diteliti dan merangkum hal-hal pokok lanjutan. Dilanjutkan dengan membagi atau mengelompokkan data dan mengklasifikasi data mengenai citra anak yang ditemukan dalam novel Burlian dalam Serial Anak-anak Mamak. Terakhir, mencatat kesimpulan melalui hasil analisis data mengenai citra seorang anak yang telah ditemukan dalam novel Burlian dalam Serial Anak-anak Mamak.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga citra diri anak, yaitu: aspek kepribadian, psikis dan sosial. Sosok Burlian sebagai tokoh utama, dalam aspek kepribadian digambarkan sebagai seorang anak yang ramah, empati, tangguh, berani, penuh keingintahuan serta memiliki jiwa kepedulian yang tinggi, sehingga citra kepribadian Burlian memberikan dampak yang positif di mata para pembaca novel Burlian dalam Serial Anak-anak Mamak Karya Tere Liye. Dalam segi psikis yang menceritakan tentang keadaan tokoh Burlian dalam novel saat mengalami keadaan psikis yang menjadi beban pikiran atau merasuki hati, merupakan hasil dari rangsangan yang berasal dari dalam atau luar. Aspek sosial yang menggambarkan keadaan cerita dalam novel, seperti latar atau pun keadaan sosial yang ada dalam alur cerita. Citra sosial Burlian dalam novel ini adalah pertumbuhan pemikiran anak dan peran yang dipegangnya setiap kali terbentur masalah, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, hingga menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diri yang sudah tertanam di dirinya oleh kedua orang tuanya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI