DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Komunikasi Guru dan Murid SMK Negeri 3 Banjarmasin Pada Program Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
PENGARANG:DELLA RANTI SEPIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-12


ABSTRAK

Della Ranti Sepia, 1910414120027, 2023, Pola Komunikasi Guru Dan Murid SMK Negeri 3 Banjarmasin Pada Program Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dibawah bimbingan Noviana Sari. 

 

Selama masa pandemi, terjadi banyak sekali perubahan yang harus menyesuaikan termasuk dalam bidang pendidikan. Untuk menyesuaikan perubahan tersebut, maka diciptakanlah program pembelajaran baru yang hadir guna untuk pemulihan pembelajaran pasca pandemi yang membuat pemerintah untuk mengurangi pelaku loss learning dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru dan murid pada program pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 3 Banjarmasin.

 

 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dibantu menggunakan teori kognitif sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

 

Hasil penelitian ini menunjukan pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi sirkular dan pola komunikasi linear ada dalam penyampaian pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar PancasilaFaktor-faktor penghambat komunikasi dalam penyampaian pembelajaran ini ialah adanya hambatan manusiawi dan hambatan fasilitas. Faktor-faktor pendukung komunikasi dalam pembelajaran ini ialah interaksi dan media. 

 

 

kata kunci: Pola Komunikasi, Guru dan Murid. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

ABSTRACT

Della Ranti Sepia, 1910414120027, 2023, Communication Patterns of Teachers and Students at SMK Negeri 3 Banjarmasin in the Learning Program for the Strengthening Pancasila Student Profile Project. Under the guidance of Noviana Sari.

During the pandemic, there were many changes that had to be adjusted, including in the field of education. To adapt to these changes, a new learning program was created to restore post-pandemic learning which prompted the government to reduce the perpetrators of learning loss with the Strengthening Pancasila Student Profile Project. The aim of this research is to determine the communication patterns of teachers and students in the Pancasila Strengthening Student Profile Strengthening Project learning program at SMK Negeri 3 Banjarmasin.

            This research uses qualitative research methods with descriptive research type assisted by using social cognitive theory. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis technique in this research uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification.

The results of this research show that primary communication patterns, secondary communication patterns, circular communication patterns and linear communication patterns exist in the learning delivery of the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Factors inhibiting communication in the delivery of learning are human barriers and facility barriers. The supporting factors for communication in this learning are interaction and media.

 

 

 

Keywords: Communication Patterns, Teachers and Students. Project for Strengthening Pancasila Student Profiles

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI