DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI SELF-LOVE DALAM LIRIK LAGU ‘DIRI’ DARI TULUS (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)
PENGARANG:MEIRINANDA NUR AZZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-13


Meirinanda Nur Azzahra, 1910414120020, 2023, Representasi Self- Love Dalam Lirik Lagu ‘Diri’ Dari Tulus (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Dibawah bimbingan Dr. Fahrianoor, S.I.P., M.Si.

 

Tulus muncul dengan menyuguhkan sebuah lagu yang sarat akan makna di tengah kemunculan penyanyi-penyanyi baru yang membawakan lagu-lagu bertemakan cinta. Tulus tidak hanya menulis lagu untuk hiburan semata, namun Ia juga menyisipkan pesan-pesan yang memotivasi di dalamnya.

Skripsi ini berjudul “Representasi Self-Love Dalam Lirik Lagu ‘Diri’ Dari Tulus (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi self-love yang terkandung dalam lirik lagu ‘Diri’ dari Tulus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif interpretatif. Sementara teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis semiotika Ferdinand De Saussure dengan mencari hubungan sintagmatik dan paradigmatik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam lirik lagu ‘Diri’ dari Tulus mengandung makna self-love. Self-love ini direpresentasikan sebagai tahap mengenali diri sendiri dan bentuk apresiasi diri, mulai dari berdamai dengan diri sendiri, memaafkan diri sendiri, menyemangati diri sendiri, berterima kasih pada diri sendiri dan memberi batasan pada diri sendiri, merawat diri sendiri, serta menghibur diri sendiri. Self-love juga merupakan pilar penting dalam kesehatan mental.

 

Kata Kunci: Semiotika, Representasi, Self-Love, Lirik Lagu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI