DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM Banjarmasin
PENGARANG:AMELIA PUTRI HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-14


ABSTRAK

Hidayat, Amelia Putri. 2023. Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran di

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM

Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan

Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

Kata kunci: kesantunan berbahasa, pembelajaran

Kesantunan berbahasa diperlukan untuk memunculkan rasa saling

menghargai terhadap mitra tutur. Jenis kesantunan berbahasa perlu untuk

diteliti agar dapat menghadirkan komunikasi yang baik antara dosen dan

mahasiswa dalam pembelajaran dan tuturan yang santun tetap terjaga. Oleh

karena itu, rumusan masalah penelitian meliputi (1) bagaimana wujud

kesantunan positif dalam pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia FKIP ULM Banjarmasin, dan (2) bagaimana wujud

kesantunan negatif dalam pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia FKIP ULM Banjarmasin.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan

positif dan wujud kesantunan negatif yang terjadi dalam pembelajaran di kelas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.

Data penelelitian ini diperoleh dari sumber data berupa tuturan langsung wujud

kesantunan positif dan wujud kesantunan negatif. Teknik pengumpulan data

menggunakan observasi tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan

bahwa tingkat kesantunan dosen lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang

dipengaruhi oleh skala tingkat kesantunan diantaranya skala peringkat jarak

sosial, skala peringkat status sosial, dan skala peringkat tindak-tutur. Selain itu,

kesantunan positif dosen dan mahasiswa lebih banyak ditemukan

dibandingkan kesantunan negatif karena dosen dan mahasiswa sama-sama

memiliki keinginan untuk dihargai dan diakui keberadaannya.

Pada keseluruhan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, dapat

disimpulkan bahwa setiap tuturan yang diujarkan oleh dosen dan mahasiswa

didominasi oleh kesantunan positif karena dosen dan mahasiswa sama-sama

memiliki keinginan untuk dihargai dan diakui keberadaannya. Saran bagi

mahasiswa sebagai peneliti selanjutnya, agar dapat memperdalam pemahaman

dalam bidang pragmatik khususnya teori kesantunan berbahasa Brown dan

Levinson serta hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penelitian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI