DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM Banjarmasin | |
PENGARANG | : | AMELIA PUTRI HIDAYAT | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-12-14 |
ABSTRAK
Hidayat, Amelia Putri. 2023. Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran di
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM
Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, pembelajaran
Kesantunan berbahasa diperlukan untuk memunculkan rasa saling
menghargai terhadap mitra tutur. Jenis kesantunan berbahasa perlu untuk
diteliti agar dapat menghadirkan komunikasi yang baik antara dosen dan
mahasiswa dalam pembelajaran dan tuturan yang santun tetap terjaga. Oleh
karena itu, rumusan masalah penelitian meliputi (1) bagaimana wujud
kesantunan positif dalam pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia FKIP ULM Banjarmasin, dan (2) bagaimana wujud
kesantunan negatif dalam pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia FKIP ULM Banjarmasin.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan
positif dan wujud kesantunan negatif yang terjadi dalam pembelajaran di kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Data penelelitian ini diperoleh dari sumber data berupa tuturan langsung wujud
kesantunan positif dan wujud kesantunan negatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa tingkat kesantunan dosen lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang
dipengaruhi oleh skala tingkat kesantunan diantaranya skala peringkat jarak
sosial, skala peringkat status sosial, dan skala peringkat tindak-tutur. Selain itu,
kesantunan positif dosen dan mahasiswa lebih banyak ditemukan
dibandingkan kesantunan negatif karena dosen dan mahasiswa sama-sama
memiliki keinginan untuk dihargai dan diakui keberadaannya.
Pada keseluruhan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, dapat
disimpulkan bahwa setiap tuturan yang diujarkan oleh dosen dan mahasiswa
didominasi oleh kesantunan positif karena dosen dan mahasiswa sama-sama
memiliki keinginan untuk dihargai dan diakui keberadaannya. Saran bagi
mahasiswa sebagai peneliti selanjutnya, agar dapat memperdalam pemahaman
dalam bidang pragmatik khususnya teori kesantunan berbahasa Brown dan
Levinson serta hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penelitian.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI