DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN
PENGARANG:VIRA CLOWDYANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-15


Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah. Implementasi Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan, mengelola kurikulum dan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran sejarah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 7 Banjarmasin, 2) untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam mengimplemetasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 7 Banjarmasin, 3) untuk menjelaskan penilaian pembelajaran sejarah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, studi dokumen. Pengambilan sumber data secara purposive dan snowball. Pada uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan acuan dari Miles dan Huberman, proses analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang dilakukan guru mata pelajaran sejarah berupa pembuatan modul ajar dengan cara menganalisis capaian pembelajaran yang disusun menjadi tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka berjalan dengan baik sesuai modul ajar yang telah dibuat meskipun masih menghadapi beberapa kendala tetapi dapat diatasi oleh guru, (3) penilaian pembelajaran sejarah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sudah dilaksanakan dengan berupa penilaian atau asesmen formatif, penilaian terhadap sikap, dan penilaian presentasi dan diskusi peserta didik yang memperoleh nilai bagus .

 Simpulan penelitian ini bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah berjalan secara terorganisir, dimulai dari dibuatnya modul ajar dan pada pelaksanaannya terjalankan sesuai modul ajar, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tetapi masih dapat diatasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI