DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:YULINDA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-15


Yulinda Pratiwi. 2023. Problematika Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Sejarah Pasca Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pembimbing Utama : Prof. Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd., Pembimbing Pendamping Fitri Mardiyani, M.Pd

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada Maret 2020 sampai Januari 2022 membuat pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui aplikasi pendukung seperti Zoom dan GoogleMeet. Akibatnya kebanyakan peserta didik menjadi menyepelekan pembelajaran dan hasil belajarnya belum tercapai. Hal ini juga berdampak ketika pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru dalam pengelolaan kelas mata pelajaran sejarah pasca daring di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Dimana penelitian ini berusaha memecahkan masalah dengan berdasarkan data-data yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terhimpun kemudian dilakukan analisis dengan langkah-langkahnya: yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 12 Banjarmasin pasca daring dilakukan dengan metode ceramah, pemberian tugas dan diskusi kelompok. Pembelajaran pasca daring ini dianggap lebih efektif karena dapat berinteraksi langsung antar guru dan peserta didik, (2) problematika yang dialami guru dalam pengelolaan kelas pasca daring ialah peserta didik yang masih terbiasa dengan pembelajaran daring sehingga menjadi kurang disiplin, kurang fokus dan  malas dalam pembelajaran tatap muka. Kesimpulan dari penelitian ialah terlalu lamanya pembelajaran daring dilaksanakan menciptakan kebiasaan yang cukup negatif untuk peserta didik seperti kurangnya kesadaran peserta didik terhadap pembelajaran, untuk mengatasi ini guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih menarik lagi.

Kata Kunci : Problematika Guru, Pengelolaan Kelas, Pasca Daring, Pembelajaran Sejarah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI