DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Implementasi Bentuk-Bentuk Asesmen Kelas Oleh Guru Ekonomi Di SMA Negeri Se Kabupaten Banjar Terhadap Keterampilan 4C Siswa
PENGARANG:FAIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-15


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keterampilan mengimplementasikan bentuk-bentuk asesmen kelas dengan keterampilan 4 Cs siswa oleh guru ekonomi di SMA Negeri se Kabupaten Banjar.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik secara korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 22 orang Guru Ekonomi yang ada di SMA Negeri Kabupaten Banjar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengimplementasi bentuk-bentuk asesmen yang memiliki keterampilan tinggi sebanyak 9 orang guru dengan persentase 40,90 %, sedangkan yang memiliki keterampilan kategori sedang sebanyak 5 orang guru dengan persentase 22,73% dan yang memiliki katerampilan dalam kategori rendah sebanyak 8 orang guru. Selanjutnya untuk variabel keterampilan 4Cs siswa, siswa yang memiliki keterampilan tinggi dalam keterampilan 4 Cs yang terdiri dari critical thinking, creativity, communication, dan collaboration sebanyak 7 orang dengan persentase 31,82%, sedangkan siswa yang memiliki keterampilan sedang dalam keterampilan 4Cs sebanyak 9 orang dengan persentase 40,90% dan siswa yang memiliki keterampilan rendah sebanyak 6 orang. Hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa harga F regresi sebesar 2,175 dengan p < 0,05. Hal ini berarti korelasi bersama antara keterampilan guru dalam mengimplementasi bentuk-bentuk asesmen yang terdiri dari analogi perkiraan, peta konsep, tugas pemecahan masalah, portofolio beranotasi, garis besar isi, dan memo analitik terhadap capaian keterampilan 4Cs siswa di kelas adalah signifikan. Indeks korelasi bersama yang diperoleh Ry 1,2,3,4,5,6, = 0,68 dengan koefisien determinasi R2 = 0,47. Jadi varians keterampilan guru dalam melakukan bentuk asesmen mampu menjelaskan 47,00% terhadap capaian keterampilan 4Cs siswa di kelas. Sedangkan 53,00% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI