DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021
PENGARANG:MUHAMMAD LUTHFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-16


Muhammad Luthfi (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021). Pembimbing: Novika Rosari, SE, M.Si, Ak, CA
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Total Assets Turnover (TATO), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perusahaan manufaktur sektor Barang Konsumsi (Consumer Non-Cyclicals) dari tahun 2019-2021 yang berjumlah 99 perusahaan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sesuai dengan pertimbangan/ kriteria tertentu yaitu sebanyak 25 perusahaan selama tahun 2019-2021 (75 sampel). Namun pengujian pada sampel tersebut tidak dapat dilakukan karena data terdistribusi tidak normal, sehingga 12 sampel dikeluarkan dari data penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Total Assets Turnover (TATO), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh secara simultan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Total Assets Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Sedangkan, Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI