DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU SEJARAH DALAM IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA ASPEK BERNALAR KRITIS DI SMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:Apriyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-18


Latar belakang penelitian ini dengan penerapan Kurikulum Merdeka terdapat Profil Pelajar Pancasila salah satunya Bernalar Kritis yang sejalan dengan visi misi sekolah, maka peran guru sangat penting dalam mewujudkan konsep bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran guru sejarah dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila aspek bernalar kritis pada siswa di SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. (2) Untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran guru sejarah dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila aspek bernalar kritis pada siswa di SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. (3) Untuk menjelaskan evaluasi pembelajaran guru sejarah dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila aspek bernalar kritis pada siswa di SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin.  Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas X 4 dan XI 5. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dalam pembelajaran sejarah diawali dengan guru membuat modul ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode see think wonder, metode ini dapat membuat siswa bernalar kritis. (3) Evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Simpulan dari penelitian ini yakni peran guru sejarah dalam implementasi profil pelajar pancasila aspek bernalar kritis di SMA Islam Ukhuwah Banjarmasin masih perlu ditingkatkan kembali dengan melakukan inovasi dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI