DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PANGGUNG KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA APARATUR DESANYA
PENGARANG:MIFTAHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-18


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis upaya Kepala Desa Panggung dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya yang meliputi fungsi intruktif, fungsi konsultatif, fungsi partisipasi, fungsi delegasi, dan fungsi pengendalian. Sehingga diketahui fungsi kepemimpinan mana yang paling utama dilaksanakan Kepala Desa Panggung untuk meningkatkan produktivitas kerja aparaturnya.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian yang bersifat deskriptif. Informan penelitian adalah Kepala Desa dan Aparatur Desa Panggung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka/dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian dari kelima fungsi kepemimpinan yang dilaksanakan Bapak Hidayat Noor, yang menurut para Aparatur Desa Panggung paling mendukung peningkatan produktivitas kerja mereka dan paling sering diterapkan oleh Kepala Desa Panggung adalah dari fungsi konsultatif kepemimpinan beliau. Hal ini berupa sikap terbuka beliau, bersahabat, dan ramah kepada semua aparatur desa termasuk warga, serta selalu memotivasi bawahannya agar lebih giat dalam melaksanakan tugas. Kepala Desa Panggung selalu sedia memberi pengarahan dan informasi terkait pekerjaan yang sedang diselesaikan para aparatur desa, memberikan penghargaan kepada aparatur desa yang berprestasi dan selalu mengikutsertakan mereka dalam pengambilan keputusan sehingga mereka merasa dihargai. Selain itu, Kepala Desa Panggung bersikap tegas dan senantiasa berusaha melengkapi fasilitas yang tersedia.

 

Maka disarankan kepada Kepala Desa Panggung untuk mempertahankan sikap dan perilakunya dalam menjalankan fungsi kepemimpinan agar dapat menjadi contoh bagi kepala desa lainnya dalam memimpin desa menjadi lebih baik. Selain itu, diharapkan ada lebih banyak pendampingan dari pemerintah pusat maupun daerah dalam membina aparatur desa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI