DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peta Kompetisi dan Dampak Aplikasi Food Delivery Terhadap Omset dan Keuntungan di Kota Banjarmasin: Studi Kasus Usaha Kuliner di Jalan Bumi Mas dan Sekitarnya
PENGARANG:LUKMAN ADITYA AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-18


Lukman Aditya Akbar (2023), Peta Kompetisi dan Dampak Aplikasi Food Delivery Terhadap Omset dan Keuntungan di Kota Banjarmasin: Studi Kasus Usaha Kuliner di Jalan Bumi Mas Dan Sekitarnya. Pembimbing Hidayatullah Muttaqin, SE, MSI, PGD.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta penggunaan aplikasi food delivery oleh usaha kuliner dijalan Bumi Mas Banjarmasin dan untuk mengetahui pengaruh aplikasi food delivery, lokasi, modal, tenaga kerja, permanen tidaknya tempat usaha dan kompetitor terhadap omset dan keuntungan harian usaha kuliner saat hari kerja dan akhir pekan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer, yang didapatkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis spasial dan analisis regresi.

Pengguna Aplikasi food delivery yaitu gofood dengan Jumlah 87 pengguna, grabfood 61 pengguna dan shopeefood 32 pengguna. Pola sebaran usaha kuliner pengguna gofood, grabfood dan Shopeefood Sama yaitu berada dipinggir jalan dan hanya beberapa yang berada didalam Komplek atau gang. Variabel Gofood, Lokasi, Modal, TK, dan Kompetitor berpengaruh signifikan terhadap Omset dan Keuntungan pada saat hari kerja dan akhir pekan. Sedangkan variabel Grabfood dan  Shopeefood tidak berpengaruh signifikan.

Kata Kunci: Kompetisi;Pesan Antar Makanan; Pendapatan; UMKM; Kuliner.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI