DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KONTEN INSTAGRAM @KEBABBLASAN.INDONESIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi pada Followers Akun @kebabblasan.indonesia di Banjarmasin)
PENGARANG:ROSYIDA FAUZANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-19


Rosyida Fauzana, 1910414120019, 2023. Pengaruh Konten Instagram @kebabblasan.indonesia sebagai Media Promosi terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Followers Akun @kebabblasan.indonesia di Banjarmasin). Dibawah bimbingan Astinana Yuliarti.

Perkembangan teknologi komunikasi memicu manusia untuk memenuhi kebutuhan untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi, salah satu media baru yang banyak digunakan sekarang adalah media sosial Instagram, Instagram sering digunakan untuk tujuan pemasaran. Salah satunya Kebabblasan yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi untuk menjual produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh konten Instagram terhadap minat beli konsumen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan tipe penelitian eksplanatif survei. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada teori S-O-R atau Stimulus-Organism-Response. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun @kebabblasan.indonesia yang berusia 17 – 55 tahun dan berdomisili di Kota Banjarmasin yang berjumlah 22.700 orang dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin dalam penentuan ukuran sampel maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear sederhana dan uji F.

Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara variabel Konten Instagram (X) dan variabel Minat Beli (Y), hal ini dibuktikan dari nilai persamaan regresi Y= 5.553 + 0,350X. Nilai R square sebesar 0,336 atau 33,6% yang berarti pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 33,6% dan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas di penelitian ini. Antara variabel X dan Y juga berpengaruh positif dengan nilai F hitung > F tabel (49,153 > 3,94) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

 

Kata Kunci: Konten Instagram, Media Promosi, Minat Beli

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI