DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMASARAN PRODUKSI IKAN LELE (Clarias Sp) PADA KOLAM TANAH DI POKDAKAN MINA AGROWISATA V KELURAHAN MENTAOS KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD SUPIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-21


ABSTRAK

Tujuan pelaksanaan riset ini mengkaji proses budidaya ikan lele di Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru dengan mempertimbangkan faktor farmer’s share, margin pemasaran, dan saluran pemasaran. Kota Banjarbaru menjadi salah satu lokasi pembudidayaan ikan lele terbesar. Kemudian metode yang diimplementasikan peneliti untuk memilih sampel yakni purposive sampling. Berbentuk survei dengan teknik snowball sampling. Terdapat dua jenis sumber data yang diimplementasikan dalam riset yakni sumber data sekunder dan primer. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data didapatkan hasil, 1) tingkat farmer’s share mencapai 64,29%; 2) margin pemasaran untuk pengecer maupun pengepul setiap kilogramnya sama-sama senilai Rp 5.000,00; dan 3) saluran pemasaran yang dipilih pembudidaya ada tiga macam, diantaranya a) dari pembudidaya ke pengepul lalu pengecer dan terakhir ke konsumen; b) dari pembudidaya ke pengecer lalu ke konsumen; dan c) dari pembudidaya ke pengepul lalu konsumen

 

Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Analisis, Kelurahan Mentaos

PRODUCTION ANALYSIS OF MARKETING OF CATFISH (Clarias Sp) IN LAND POND VILLAGE OF MINA AGROWISATA V VILLAGE OF MENTAOS, CITY OF BANJARBARU, PROVINCE OF SOUTH KALIMANTAN

ABSTRACT

The purpose of this research is to examine the process of catfish farming in Mentaos Village, Banjarbaru City by considering farmer's share, marketing margin, and marketing channel factors. Banjarbaru City is one of the largest catfish farming locations. Then the method implemented by researchers to select samples is purposive sampling. In the form of a survey with snowball sampling technique. There are two types of data sources implemented in the research, namely secondary and primary data sources. Based on the results of testing and data analysis, the results showed that 1) the level of farmer's share reached 64.29%; 2) the marketing margin for retailers and collectors per kilogram was both Rp 5,000.00; and 3) the marketing channels chosen by farmers were three kinds, including a) from farmers to collectors then retailers and finally to consumers; b) from farmers to retailers then to consumers; and c) from farmers to collectors then consumers.

.

Keyword: Marketing Channel, Marketing Margin, Farmer's Share, Analysis, Mentaos Village

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI