DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PAKET INTERVENSI PENINGKATAN KUALITAS DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN (PELITA SUPER) TERHADAP PENGETAHUAN PERAWAT (Studi Pengetahuan Perawat tentang Upaya Peningkatan Kualitas Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap dan Intensive Care Unit RSD Idaman Kota Banjarbaru)
PENGARANG:MUHAMMAD RIFKY FURWANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-21


Latar Belakang : Dokumentasi asuhan keperawatan adalah dokumen rahasia yang berisi catatan tindakan keperawatan sebagai sumber informasi klinis dan bukti tanggung gugat pasien selama proses perawatan. Pengetahuan perawat merupakan faktor utama dalam upaya peningkatan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan. Dalam melakukan pencatatan dokumentasi asuhan keperawatan profesional diperlukan pengetahuan yang baik.

Tujuan : Mengetahui pengaruh Paket Intervensi Peningkatan Kualitas Dokumentasi Asuhan Keperawatan (PELITA SUPER) terhadap Pengetahuan Perawat tentang dokumentasi asuhan keperawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan pendekatan one group pre test and post test without control. Teknik pengambilan sampel penelitian yakni non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang perawat pelaksana. Instrumen yang digunakan yakni lembar kuesioner data demografi, kuesioner pengetahuan perawat dan booklet tentang dokumentasi asuhan keperawatan. Analisis data yang digunakan pada analisis univariat dan bivariat adalah uji wilcoxon.

Hasil : Terdapat pengaruh yang bermakna antara pengetahuan perawat tentang upaya peningkatan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan sebelum diberikan intervensi paket (PELITA SUPER) dan sesudah diberikan intervensi paket (PELITA SUPER) dengan nilai p-value = 0,000 dengan batas kemaknaan (α<0,05).

Diskusi : Peningkatan pengetahuan perawat terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan dapat ditingkatkan dengan paket intervensi (PELITA SUPER) yang  terdiri dari pelatihan, pemberian booklet dan pendampingan. Pengetahuan menjadi faktor yang berkaitan dengan pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan. Hal ini karena semakin tinggi pengetahuan terkait dokumentasi maka semakin baik dokumentasi asuhan keperawatan yang dihasilkan. Dari penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara paket intervensi (PELITA SUPER) dengan pengetahuan perawat tentang dokumentasian asuhan keperawatan.

Kata Kunci :  Dokumentasi Asuhan Keperawatan, Kualitas Dokumentasi, Pengetahuan Perawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI