DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA ATLIT VOLI PUTRA SMAN 1 BELAWANG KAB. BARITO KUALA
PENGARANG:DZAKI ZIKRULLAH FIKRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-21


 

ABSTRAK

Fikri, Zikrullah, Dzaki, 2022. Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Kemampuan smash Pada Atlit Voli Putra SMAN 1 Belawang Kab. Barito Kuala. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Mita Erliana, S.Pd, M.Or. (II) Drs. Perdinanto, M.Pd.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot tungkai dengan kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan smash pada atlit voli putra SMAN 1 Belawang Kab. Barito Kuala.

Sampel  dalam penelitian ini sebanyak 10 (Sepuluh) orang dan sebagai data utama, untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes dan dokumentasi, Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan Teknikanalisadatayangdigunakanadalahujiregresi brganda.

Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwa1) tidak terdapatkontribusidayaledakotottungkai terhadap kemampuan smash permainan bola voli atliet putra SMA Negeri 1 Belawang dengan nilai Thitung -1,044 < Ttabel 2,365. 2)Terdapatkontribusikelentukan pergelangan tangan  terhadap kemampuan smash permainan bola voli atliet putra SMA Negeri 1 Belawang dengan nilai Thitung 4,667 > Ttabel 2,365. 3) Terdapat kontribusi daya ledak otot tungkai dankelentukan pergelangan tangan terhadapkemampuansmashpadapermainanbolavoliatliet putra SMA Negeri 1 Belawang dengan nilai Fhitung 29,30 > Ftabel 4,46, serta nilai “R Square” yaitu 0,893  Atau sama dengan 89,3%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel kemampuan daya ledak otot tungkai (X1) dan variabel Kelentukan pergelangan lengan (X2) secara simultan hubungan terhadap Kemampuan Smash Normal (Y) sebesar 89,3%.

 

Kata Kunci : Korelasi Daya Ledak Tungkai, Kelentukan Pergelangan, Kemampuan smash.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI